Manfaat Ginseng Korea

19 Aug 2017
·

Ginseng sudah erat melekat dengan Korea, maka tak heran Korea disebut Negeri Ginseng. Ginseng Korea dikenal karena efek dalam hal kesehatan, serta kecantikan. Tak heran ketika kita melihat orang Korea cantik-cantik (selain karena operasi plastik), dan sehat-sehat meskipun usianya sudah senja. Tak jarang para lansia masih jalan-jalan atau bahkan hiking mendaki bukit.

Kata ginseng berasal dari bahasa Cina "rénshēn". Rén berarti "manusia", dan shēn means berarti "akar tanaman". Memang jika diperhatikan bentuk ginseng mirip dengan bentuk manusia. Ginseng asli Korea berasal dari genus Panax, sedangkan ada banyak tanaman yang mirip dengan ginseng Korea, tetapi kondisi penanaman ginseng di Korea (suhu, kelembapan, mineral tanah, dll), membuat kandungan ginseng yang ditanam di Korea berbeda dengan ginseng yang ditanam di tempat lainnya.

Menjadi tua itu pasti, tetapi anda bisa menghambat efek penuaan pada kulit. Memiliki kulit yang masih kencang, tanpa keriput menjadi dambaan setiap orang. Proses-proses biokimia dalam tubuh dapat mempercepat ataupun memperlambat proses efek penuaan pada kulit. Ginseng Korea terbukti dapat memperlambat efek penuaan pada kulit atau yang dikenal sebagai efek anti-aging.

Bagian dari ginseng yang berkhasiat adalah akarnya. Ginseng bisa dibilang sebuah paket komplit, karena memiliki banyak sekali khasiat yang tentu saja menguntungkan bagi tubuh dan sudah teruji dalam skala penelitian. Sudah ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa ginseng dapat bersifat sebagai antioksidan (penangkal radikal bebas, sebagai anti kanker), anti tumor, anti mutagenik (mutasi gen), dan mempunyai aktivitas immonumodulatori (berkaitan dengan sistem imun).