Gunung Kinabalu Malaysia

2 Jul 2017
·

Gunung Kinabalu tercatat sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Oleh karena itu, pengelolaannya sangat baik dan professional. Untuk mendaki saja kita harus mendaftar dari berbulan-bulan sebelumnya, karena ada kuota per hari yang diberlakukan. Saat peak season, kita bahkan harus mendaftar 6 bulan atau satu tahun sebelumnya supaya mendapatkan slot.

Kinabalu merupakan gunung tertinggi yang termasuk dalam negera Malaysia tepatnya di Kota Kinabalu. Kota Kinabalu sendiri merupakan sebuah kota kecil yang terletak di pesisir utara Pulau Kalimantan. Dengan ketinggiannya yang mencapai 4100 meter di atas permukaan laut Gunung Kinabalu dinobatkan sebagai gunung yang paling tinggi di kawasan Asia Tenggara. Dengan predikatnya tersebut sudah barang tentu jika anda merupakan seorang pecinta alam dan petualangan akan sangat berhasrat untuk bisa menjajaki ketinggiannya.

Dengan ketinggiannya tersebut Gunung Kinabalu tentunya sangat menarik perhatian banyak sekali pelancong baik dari dalam negerinya sendiri maupun dari luar negera. Oleh karena itu penataan kawasan pendakian Kinabalu sudah sangat ditata dengan baik, pendaki tak usah repot mencari track yang nyaman untuk didaki sebab, pengelola sudah membuatkan jalan berupa tangga yang terbuat dari bebatuan yang sengaja disusun untuk memudahkan para pendaki naik menuju puncaknya. Berkat baiknya fasilitas tersebut maka dengan ketinggian yang mengagumkan tersebut anda hanya perlu waktu 4 jam saja menaikinya. Meskipun demikian anda tetap harus berhati-hati jika hendak mencoba naik ke atas, sebab bebatuan yang ada di sana sudah berusia ratusan tahun dan terkadang cukup licin untuk dijadikan pijakan.

Sebelum benar-benar menuju puncak dan Low Peaks di Kinabalu berikut ada beberapa pemberhentian yang akan anda temui selama di perjalanan. KM 0. (Pondok Timpohon). Titik pertama pendaki. Anda bisa menyewa perlenagpakan utnuk memudahkan pendakian seperti tongkat dsb. KM 0 – 1. Masih minim titik daki, namun pemandangan air terjun Carson akan anda lihat dari sini. KM 2 – 4. Anda akan mulai menemukan jalur pendakian dengan anak tangga dari batu. KM 4 – 6. Tantangan pendakian dimulai di titik ini, suasana mulai berkabut dan jalan-jalan batu mulai terasa licin, cukup berbahaya bagi anda yang tidak fokus. KM 6. Merupakan titik peristirahatan di mana ada resort LabanHouse yang harus anda pesan sejak awal pendakian, anda bisa beristirahat dengan nyaman di sini. KM 6 – 8. Merupakan titik terakhir menuju puncak, di mana bebatuan mulai terlihat dan pepohonan mulai jarang ditemui, anda akan merasakan hembusan angin kuat menerpa karena tak ada pepohonan yang menghalangi.