National Stadium China

5 Jan 2018
·

Dengan sebutan Bird's Nest, National Stadium ini terletak di Olympic Green Village, Distrik Chaoyang, Kota Beijing. Tempat ini dirancang sebagai stadion utama Olimpiade Beijing tahun 2008. Berbagai perlombaan olimpiade diadakan di sini. Setelah Olimpiade berakhir pada bulan Oktober 2008, telah dibuka sebagai objek wisata. Sekarang, National Stadium adalah pusat kompetisi olahraga dan rekreasi internasional maupun lokal. Pada tahun 2022, upacara pembukaan dan penutupan acara olahraga penting lainnya seperti Olimpiade Musim Dingin akan diadakan di sini.

Desain stadion besar ini diselesaikan bersama oleh arsitek Swiss Jacques Herzog dan Pierre de Meuron beserta arsitek China Li Xinggang. Perancang tidak melakukan pelepasan berlebihan pada tampilan stadion. Mereka hanya mengekspos struktur baja seluruhnya dan membiarkannya menjadi penampilan paling alami. Bentuk stadion terlihat seperti sarang besar yang memeluk dan merawat manusia. Hal tersebut juga terlihat seperti buaian yang menahan harapan manusia akan masa depan.

46.jpeg Sumber: www.everydaytaichi.org

44.jpg Sumber: www.homesthetics.net

Pembangunan National Stadium ini dimulai pada tanggal 24 Desember 2003. Pada bulan Juli 2004, proyek dihentikan sementara karena adanya amandemen rancangan. Pada tanggal 27 Desember tahun yang sama, pembangunan dilanjutkan dan selesai pada bulan Maret 2008. Biaya kotor keseluruhan proyek adalah 2.267 juta yuan China atau sekitar 33 juta dolar.

Stadion ini mencakup area seluas sekitar 63,6 hektar yang dapat menampung 80.000 kursi tetap dan 11.000 tempat duduk sementara. Penampilannya dibentuk oleh rangka baja besar. Bagian atas ditutupi oleh film gelembung udara semi transparan. Bahan semacam ini tahan air dan bisa membuat sinar matahari masuk menembus ke dalam stadion. Oleh karena itu, halaman rumput di dalamnya bisa tumbuh dengan baik.

45.jpg Sumber: www.commons.wikimedia.org